Tips Merawat Organ Intim Wanita

Dalam masyarakat awam, seringkali ada anggapan “salah kaprah” dalam hal merawat alat kelamin wanita. Tidak sedikit perempuan-perempuan Indonesia yang melakukan perawatan untuk membuat alat kelaminnya menjadi “kering”.  Misalnya, dengan melakukan ratus, memasukan batang (akar tanaman) yang dipercaya dapat menghilangkan keputihan, membasuh dengan cairan pembersih yang tidak jelas bahannya, ditaburi bedak, hingga menyemprotkan parfum.
Menurut dr Ferryal Loetan, ASC&T, Sp RM, MKes-MMR di Win Klinik, Kamar Sutera, Kelapa Gading Square, hal itu sebenarnya  tidak perlu dilakukan. Dia menuturkan, beberapa langkah penting dalam menjaga kebersihan alat kelamin wanita antara lain kebersihan toilet, tidak saling pinjam meminjam pakaian dalam. Serta tidak berganti-ganti pasangan seks atau melakukan seks secara aman.
Selain itu, hendaknya anak perempuan yang berusia dibawah 18 tahun tidak melakukan hubungan seksual. Jangan melakukan hubungan hubungan seksual dengan penderita penyakit kulit kelamin atau gunakan kondom untuk mencegah penularan penyakit kulit kelamin. Setia pada pasangan dan berhenti merokok.
Dengan menjaga kebersihan alat kelamin secara baik dan benar, maka kita akan terbebas dari penyakit kelamin yang dapat mengancam kehidupan  baik secara fisik maupun psikis. Misalnya, keputihan yang parah, siphilis, dan kanker mulut rahim.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: